Jumat, 07 Desember 2012

MUSYAWARAH DUSUN TAHUN 2012

Musyawarah Dusun adalah kegiatan pertemuan atau rapat di tingkat dusun untuk menyampaikan program-program kerja Pemerintah Desa Pucung serta untuk menampung aspirasi masyarakat yang menjadi usulan di tingkat dusun dan pada akhirnya nanti akan di bawa ke tingkat Desa pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES). Sebelum usulan tersebut di bawa ke tingkat Desa, pada Musyawarah Dusun tersebut direkap dan diskala prioritas karena pada dasarnya usulan di tingkat dusun merupakan usulan dari masing-masing RT yang ada di dusun tersebut.
Selain sebagai sarana untuk menampung usulan masyarakat, Musyawarah Dusun juga digunakan untuk menyampaikan program-program kerja yang akan dilaksanakan pada satu tahun kedepan serta mengevaluasi kegiatan atau program pada tahun yang sudah berjalan.
Hal ini sangat penting dilaksanakan karena merupakan agenda tahunan untuk mengevaluasi dan mendata hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat karena dalam rentang waktu satu tahun sudah banyak sekali perubahan, baik itu peraturan-peraturan yang berlaku maupun kebutuhan dan kepentingan masyarakat.
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah selalu menanamkan semangat kegotong-royongan kepada masyarakat yang semakin lama sudah semakin menghilang karena adanya perkembangan zaman. Menjadi PR bagi kita semua untuk selalu memberi semangat kepada masyarakat agar selalu memelihara semangat kegotong-royongan dan kebersamaan, gotong-royong yang sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia harus tetap dipelihara dan dijaga agar tidak luntur bahkan harus semakin ditingkatkan guna mencapai tujuan bersama demi terciptanya masyarakat yang adil dan merata.
Selaku pemerintah desa, kami berupaya semaksimal mungkin untuk mampu menempatkan diri ketika kami dan kita bersama dibutuhkan oleh masyarakat. Melalui kegiatan Musyawarah Dusun tersebut kita berusaha menggali permasalahan-permasalahan yang membebani masyarakat sehingga harapannya kami dapat membantu meringankan beban masyarakat. Dengan menggunakan sarana teknologi yang sudah menjadi kebutuhan kita, dalam Musyawarah Dusun tersebut kami tampilkan berbagai potret potensi yang ada dengan foto-foto agar masyarakat termotivasi untuk mengembangkan potensi yang ada ataupun menggali potensi yang terpendam diwilayah.
Akhirnya, masih banyak kendala dan permasalahan yang tidak dapat dipecahkan bersama-sama dan kegiatan Musyawarah Dusun yang dilaksanakan juga masih jauh dari harapan. Yang pasti masukan, sumbang saran dari anda, selaku masyarakat akan sangat kami harapkan demi perbaikan program untuk mencapai tujuan bersama yaitu pelayanan masyarakat yang baik dan profesional menuju good governance serta untuk mewujudkan masyarakat yang adil sejahtera menuju Desa Pucung Yang Mandiri, Berinovasi dan Siap Bersaing menghadapi perkembangan zaman. ...@goenaone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar