Selasa, 11 Desember 2012

HALAL BIHALAL 2012

Syawal 2012
Memberi ma'af bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tidak harus dilakukan secara ceremonial, tidak harus dilakukan disuatu tempat yang resmi. Akan tetapi karena bertajuk halal bihalal yang melibatkan masyarakat seluruh desa maka harus dikemas dalam suatu acara yang resmi dan dilakukan di Balai Desa. Adalah Desa Pucung Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, menyelenggarakan kegiatan Halal Bihalal pada bulan Syawal 2012 dan bertempat di Balai Desa Pucung yang dihadiri oleh semua Ketua Lembaga Kemasyarakatan dan semua Perangkat Desa.
Seluruh rangkaian acara halal bihalal diawali dengan laporan panitia penyelenggara yang disampaikan Ketua Panitia oleh Bp. GUNAWAN WIBISONO selaku Sekretaris Desa Pucung.
Ikrar halal bihalal dari seluruh masyarakat desa Pucung selaku umat kepada Kepala Desa Pucung selaku umaro'.
Ikrar dibacakan oleh Bp. TUMANI selaku Kepala Dusun Pucung, didampingi oleh Bp. PURWOTO, S.Pd. selaku Ketua LPM dan Bp. WITO selaku Ketua RW 03 Gandring.
Pada saat ikrar halal bihalal dibaca, seluruh peserta ikut berdiri sebagai tanda bahwa seluruh peserta yang mewakili masyarakat benar-benar ikut menyampaikan ikrar bukan hanya sekedar ceremonial saja.
Setelah ikrar halal bihalal selesai dibacakan langsung disambut atau dijawab oleh Kepala Desa Pucung dan diakhiri dengan jabat tangan dan berpelukan.
Dengan jabat tangan dan berpelukan tersebut menggambarkan adanya saling mema'afkan antara umaro' dan umatnya, saling mema'afkan secara tulus dan ikhlas atas semua kesalahan yang telah terjadi.
Tidak lupa dalam kegiatan halal bihalal tersebut diadakan tauziah atau siraman rokhani yang disampaikan oleh Bp. SUYANTO, S.Pd.I., selaku Penyuluh Umat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kismantoro.
Para peserta mendengarkan dengan cermat tauziah yang disampaikan, dalam hati mereka berharap, kegiatan halal bihalal dapat terus berjalan setiap tahun sebagai sarana untuk saling berma'af-ma'afan.
Rangkaian acara halal bihalal ditutup dengan dengan do'a oleh penceramah dan diakhiri dengan berjabat tangan seluruh peserta, harapan kami, pada tahun-tahun mendatang kegiatan serupa dapat dilaksanakan dengan melibatkan lebih banyak peserta meski hanya perwakilan dari masyarakat, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu meridhoi niat baik kita bersama, amin...@goenaone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar